Jelang Mudik Lebaran 2024, Pemkab Sumenep Mulai Siapkan Transportasi Laut

Nasional, News1026 Dilihat

KARIMATA.NET, SUMENEP – Menghadapi mudik lebaran 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep akan mengoptimalkan sarana transportasi laut.

Drs. Yayak Nurwahyudi, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Kabupaten Sumenep menyampaikan, Pemkab Sumenep tetap memberikan layanan kepada masyarakat yang akan melakukan mudik ke kampung halamannya jelang lebaran.

“Sebagaimana tahun lalu, kami siapkan armada mudik lebaran tahun 2024,” ujarnya, Rabu (06/03/2024) sore.

Ia menyampaikan bahwa saat ini Pemkab Sumenep masih mengupayakan untuk tambahan lintasan, Celukan Bawang Banyuwangi menuju Kepulauan Raas.

“Saat ini Pemkab Sumenep membahas bersama Kementerian dan kita berupaya penambahan kapal juga guna mengantisipasi penumpukan penumpang jelang lebaran,” tegasnya.

Sementara Taufiqurrahman, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas IV Kalianget menambahkan, pihaknya telah melakukan persiapan armada dan pelabuhan.

“Jadi kesiapan angkutan lebaran kita mulai persiapkan, salah satunya kesiapan armada kapal, kesiapan pelabuhan, dan kesiapan kapal termasuk pengawakan, alat keselamatan dari pelabuhan asal ke pelabuhan tujuan,” ujarnya, Rabu (06/03/2024) sore.

ia menyampaikan bahwa di Pelabuhan Kalianget Kabupaten Sumenep akan ada sekitar 10 kapal yang disiapkan, 6 Kapal diawasi oleh Syahbandar Perhubungan Laut dan 4 kapal diawasi oleh Syahbandar BPTD Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

“Nanti juga disiapkan 3 kapal tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang arus mudik dan balik tahun 2024, 2 Kapal dari Distrik Navigasi Surabaya dan 1 kapal dari Pangkalan PLP Surabaya,” tutupnya. (Ziyad/Mel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *