Aksi Bersih-Bersih Sungai di Kowel Pamekasan

Camat Pamekasan Apresiasi Gerakan Bersih Sungai SDN Kowel 3, Langkah Nyata untuk Masa Depan Bumi

KARIMATA.NET, PAMEKASAN – Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, SDN Kowel 3 Pamekasan menggelar aksi bersih-bersih sungai yang melibatkan siswa, guru, serta masyarakat sekitar, Kamis (24/10) pagi. 

Kegiatan ini merupakan inisiatif yang diharapkan mampu memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan kepada generasi muda dan warga sekitar.

Camat Pamekasan, Dr. Rahmat Kurniadi Suroso, S.Sos., M.Si., menyampaikan apresiasinya atas kegiatan ini. Ia memuji peran aktif siswa dan guru penggerak di SDN Kowel 3 yang mengambil langkah konkret dalam menjaga kebersihan lingkungan. 

“Ini merupakan langkah yang sangat positif, terutama untuk mengenalkan anak-anak sejak dini pada pentingnya merawat lingkungan,” ujarnya saat on air di Radio karimata.

Aksi bersih-bersih tersebut juga mendapat dukungan penuh dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Lingkungan Hidup, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Perhutani, serta relawan dan unsur kelurahan setempat. Bersama-sama, mereka membersihkan area sepanjang Kelurahan Kowel, dari utara hingga Jembatan menuju Puskesmas Kowel Pamekasan.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk menjaga kebersihan sungai, tetapi juga untuk mencegah terjadinya banjir menjelang musim hujan tahun ini.

 “Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal dalam membangun kesadaran warga, khususnya anak-anak, bahwa menjaga lingkungan adalah tanggung jawab bersama,” tambahnya.

Rencananya, aksi bersih-bersih sungai ini akan dilanjutkan secara berkala, termasuk dengan melakukan reboisasi di beberapa titik di Kelurahan Kowel. Harapannya, inisiatif ini mampu membangun kebiasaan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama di sungai yang sering kali menjadi tempat pembuangan sampah ilegal.

Melalui kegiatan ini, SDN Kowel 3 dan masyarakat sekitar menunjukkan komitmen nyata dalam menjaga lingkungan, sekaligus memberikan contoh kepada generasi muda tentang pentingnya peran aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian alam. (Ziyad/Ans)

Check Also

Operasi Zebra Semeru 2024, Polres Pamekasan Tindak 748 Pelanggar dalam 12 Hari

KARIMATA.NET, PAMEKASAN – Satuan Lalu Lintas Polres Pamekasan menggelar Operasi Zebra Semeru 2024 selama 14 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *