Banjir di Beberapa Wilayah Madura, PLN Lakukan Langkah Pengamanan dan Sisir Potensi Bahaya Akibat Banjir

Nasional, News, Peristiwa1013 Dilihat

KARIMATA.NET, PAMEKASANHujan lebat mengguyur Pamekasan, Sampang, Bangkalan dan sekitarnya sejak Selasa (12/3/2024) mengakibatkan banjir di beberapa wilayah. PLN pun gerak cepat melakukan langkah pengamanan dengan mengutamakan keselamatan masyarakat, personil PLN  juga terus bersiaga memantau sistem kelistrikan pada daerah terdampak.

Fahmi Fahresi, Manajer PLN UP3 Pamekasan mengatakan, terdapat kondisi yang menyebabkan listrik dinonaktifkan demi keselamatan yaitu apabila rumah warga terendam, jaringan listrik PLN terendam, dan keduanya terendam.

“PLN akan memulihkan listrik di lokasi banjir apabila semua jaringan listrik baik di sisi warga maupun PLN sudah dalam kondisi kering dan siap dialiri listrik,” kata Fahminya kepada Jurnalis Karimata, Rabu (13/03/2024) siang.

Dirinya menyebut, PLN menerjunkan 44 personel yang dibagi ke dalam 4 regu tim Pelayanan Peknik (Yantek) dan 6 regu tim Unit Reaksi Cepat (URC) untuk terus bersiaga melakukan pengamanan di beberapa lokasi. Kurang dari 24 jam, penormalan jaringan listrik wilayah yang telah surut dan tidak terdampak banjir telah dilakukan, sebanyak 114 gardu distribusi telah kembali menyala.

“Hingga Rabu pagi (13/03) terdapat 139 unit Gardu Distribusi dan 29.575 pelanggan yang terdampak banjir. Sementara sebanyak 114 gardu distribusi dan 22.279 pelanggan telah berhasil PLN nyalakan kembali,” tegasnya.

PLN terus memantau perkembangan situasi di lokasi-lokasi yang terdampak maupun berpotensi banjir untuk secara sigap mengambil langkah. PLN juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat untuk hal tersebut.

PT PLN (Persero) meminta seluruh masyarakat untuk waspada dan mengutamakan keselamatan ketenagalistrikan saat dilanda banjir. 

“Saat menghadapi kondisi banjir, pertama,  segera matikan listrik dari Miniature Circuit Breaker (MCB) di kWh meter. Hal ini untuk menghindari bahaya tersengat aliran listrik. Kedua, cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak dan naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman,” tutupnya.

Adapun beberapa wilayah yang terdampak di Pamekasan, Sampang, Bangkalan meliputi  Blega, Karangnangka, Torjun, Galis, Kelbung, Arosbaya, Tengket : Jl. Trunojoyo, Jl. Purba, Jl. Abdul Aziz, Jl Parteker Pamekasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *