Gempa Bumi M 5,2 Guncang Sumenep, Tidak Berpotensi Tsunami

KARIMATA.NET, SUMENEP – Gempa bumi dengan skala 5.2 terjadi di Kabupaten Sumenep, Kamis ( 22/02/2022) sekitar pukul 05.46. WIB.

Usman Khalid Kepala BMKG Trunojoyo Sumenep mengatakan, gempa bumi terjadi di Pantai Utara Kota Sumenep, dengan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi dengan magnitudo 5,2 dan episenter terletak pada koordinat 6,54° LS ; 113,95° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 Km arah Timur Laut Kota Sumenep.

“Gempa ini terjadi pada kedalaman 634 km, dan alhamdulillah tidak berpotensi tsunami,” tegasnya saat on air di Radio Karimata, Kamis (22/02/2024) pagi

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam (Deep Focus) akibat adanya aktivitas slab pull (tarikan  Lempeng Australia ke bawah) pengaruh gaya gravitasi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun ( normal fault ).

“Sejauh ini , berdasarkan info dari teman- teman di wilayah utara Sumenep seperti di Dasuk, Ambunten dan Pasongsongan tidak merasakan getaran maupun dampak gempa,” ujarnya.

Usman menambahkan, berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempabumi ini menimbulkan guncangan di daerah Sumenep dengan skala intensitas III – IV MMI.

“Hingga pukul 06.02 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Dirinya juga meminta kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi BMKG,” tutupnya. (Ziyad/Ans)

Check Also

Dugaan Pembacokan di Tlanakan, Korban dan Pelaku Masih Saudara Sepupu

KARIMATA.NET, PAMEKASAN – Dugaan pembacokan terjadi di Dusun Ragang, Desa Tlanakan, Pamekasan pada Rabu (17/07/2024).  …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *