Ribuan PTPS di Pamekasan Resmi Dilantik, Siap Awasi Pemilu 2024

KARIMATA.NET, PAMEKASAN – Ribuan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Pamekasan mengikuti pelantikan serentak di Kecamatan masing-masing pada Senin (22/01/2024).

Ketua Bawaslu Pamekasan, Sukma Umbara Tirta Firdaus mengatakan, di Pamekasan ada 2.448 PTPS yang dilantik hari ini dan akan bertugas hingga H+7 pemungutan suara pada 14 Februari 2024 nanti.

“Jumlah ini disesuaikan dengan jumlah TPS yang ada di Pamekasan, karena masing-masing TPS akan ada satu orang pengawas,” katanya saat On Air di Dinamika Madura, Senin (22/01/2024) sore.

Kata Sukma sejak resmi dilantik, ribuan PTPS ini akan langsung bertugas mengawasi proses pemilu mulai dari sebelum pemilihan. Misalnya memastikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS masing-masing sudah benar dan memenuhi syarat.

“Selain itu juga memastikan undangan untuk hadir ke TPS 14 Februari nanti betul-betul sampai kepada calon pemilih, intinya masa tugas PTPS ini mulai dilantik sampai nanti H+7 pemungutan suara,” tambah Sukma.

Selain pelantikan, ribuan PTPS itu juga mengikuti Bimtek untuk memberikan pemahaman dari Bawaslu Kabupaten untuk memberikan pemahaman mengenai tugas pokok yang akan dilakukan selama masa jabatan PTPS.

Diketahui, jumlah PTPS terbanyak berasal dari Kecamatan Batumarmar dan yang paling sedikit berasal dari Kecamatan Galis.

“Peminat PTPS ini tinggi, terlihat dari jumlah pelamar melebihi jumlah PTPS yang dibutuhkan di setiap Kecamatan, misalnya di Kecamatan Kota butuhnya 252 tapi yang melamar hampir menyentuh 300 orang,” tutup Sukma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *