Hilang Kontak Di Perairan Sumenep, BASARNAS Kerahkan Dua Kapal Cari 15 ABK Kapal Putra Sumber Mas

News, Peristiwa, Trending1224 Dilihat

KARIMATA.NET, SURABAYA – Kantor SAR Surabaya mengerahkan dua kapal KN SAR 249 Permadi dan RIB 01 untuk mencari 15 orang ABK Putra Sumber Mas yang dikabarkan hilang di perairan laut utara Kecamatan Dungkek, Sumenep, Senin (22/01/2024).

KN SAR 249 Permadi dengan 13 orang ABK dan 3 orang rescuer ini bertolak dari pelabuhan Kalianget menuju ke daerah pencarian, dengan menempuh jarak sekitar 32 mil laut dan waktu tempuh 2 jam.

Kasi Operasi Kantor SAR Surabaya, Mahmud Afandi mengatakan, area yang disisir KN SAR 249 Permadi sekitar 22,04 mil laut. Luas area pencarian ini ditentukan melalui aplikasi SAR Map Prediction.

Pada saat yang bersamaan, Kantor SAR Surabaya juga mengerahkan satu SRU air dari Unit Siaga SAR Sumenep dengan menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat) atau kapal cepat, dengan luas area pencarian sekitar 5,4 mil laut.

“Dalam operasi SAR kapal Putra Sumber Mas ini, tim Unit Siaga SAR Sumenep menjadi tim aju yang Kami kerahkan untuk melakukan asesmen pada hari pertama setelah mendapatkan laporan kejadian tersebut,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Jurnalis Karimata, Senin (22/01/2024) Sore.

Ia menyampaikan, hari kedua pencarian, tim Unit Siaga SAR Sumenep telah melakukan pencarian dengan menggunakan RIB di area seluas 9 mil laut. Namun karena terkendala cuaca buruk di perairan laut utara Madura, upaya pencarian ini belum membuahkan hasil.

Tidak hanya melakukan penyisiran laut dengan menggunakan RIB dan KN SAR Permadi, upaya pencarian juga dilakukan dengan berkomunikasi dengan kapal yang melintas di sekitar area pencarian.

“Kemarin tim kami lakukan komunikasi dengan TB. Oscar dan Kapal Cargo via Marine Chanel untuk menyebarkan berita tentang Kapal Putra Sumber Mas dengan harapan kapal yang melintas juga ikut membantu lakukan pemantauan dan pencarian saat mereka berlayar” jelasnya.

Sebelumnya berdasarkan informasi yang diterima, kapal Putra Sumber Mas ini berangkat dari pelabuhan Brondong Lamongan untuk mencari ikan di perairan laut sekitar pulau Masalembu, pada Sabtu (6/01/2024).

Namun, setelah melaut selama 14 hari, kapal Putra Sumber Mas kembali ke Lamongan dengan berlayar melewati perairan laut utara pulau Madura, pada Sabtu (20/1/2024). Sekitar pukul 07.30 WIB, kapal mengalami mati mesin karena kemasukan air laut.

Seorang ABK, Ubaid, menginformasikan kejadian ini kepada Kapid ( Nahkoda yang tidak berlayar), yang kemudian hal ini diteruskan kepada pemilik kapal dan perhimpunan nelayan Dungkek untuk bantuan pencarian. Karena pencarian tidak membuahkan hasil, maka hal ini dilaporkan ke petugas Satpolairud Polres Sumenep.

Adapun nama kelimabelas ABK kapal Putra Sumber Mas ini, yaitu Rohmat Mustakim (selaku Nahkoda kapal), Ubaid, Andriko, Suburno, Anton, Nizar, Kasno, Fauzi, Slamet, Budi, Rosid, Mul, Bidin, Nyamek, dan Drajat.

Selain tim Kantor SAR Surabaya, proses pencarian kelima belas ABK kapal Putra Sumber Mas ini juga melibatkan peran dari tim Satpolairud Polres Sumenep, LANAL Batuporon, KSOP Kalianget, KSOP Dungkek, KUPP Sapudi, BPBD kabupaten Sumenep dan Jombang, nelayan sekitar dan potensi SAR lainnya.

Hingga berita ini diterbitkan, tim SAR gabungan masih melakukan pencarian kelima belas orang ABK kapal Putra Sumber Mas ditentukan dengan mempertimbangkan dinamika kondisi cuaca di lokasi pencarian. (Ziyad/ Faz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *