Strategi Pembentukan Provinsi Madura Dengan Tokoh-Tokoh Ternama, AJP Gagas Diskusi Nasional

KARIMATA.NET, PAMEKASAN – Aliansi Jurnalis Pamekasan (AJP) mengambil langkah strategis dalam upaya pembentukan Provinsi Madura. Organisasi profesi ini berencana mengadakan diskusi dengan melibatkan sejumlah tokoh nasional.

Sejumlah tokoh penting akan diundang sebagai narasumber dalam diskusi ini, antara lain Ketua Banggar DPR RI MH. Said Abdullah, Anggota DPR RI Fraksi PKB Syafiuddin Asmoro, Wakil Ketua Baleg DPR RI Achmad Baidowi, Anggota DPR RI Fraksi PAN Slamet Ariyadi, dan Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti. Mereka akan membahas perkembangan terkait pembentukan Provinsi Madura.

Ketua AJP, M. Khairul Umam, mengungkapkan bahwa perjuangan pembentukan Provinsi Madura telah berlangsung lama, namun hingga kini belum ada kemajuan signifikan. Oleh karena itu, AJP memutuskan untuk ikut serta dalam upaya mengatasi hambatan yang ada. Langkah awal yang mereka ambil adalah menggelar diskusi yang melibatkan tokoh nasional asal Madura.

“Sengaja kami undang tokoh-tokoh dari DPR RI karena pembentukan daerah otonomi baru merupakan kewenangan mereka,” ujar Irul, panggilan akrab Khairul Umam.

Selain itu, AJP juga akan mengundang tokoh-tokoh Madura lainnya untuk memberikan kontribusi pemikiran, seperti Komisioner KPK Nurul Ghufron, Prof Mahfud MD, Duta Besar Indonesia untuk Tunisia Zuhairi Misrawi, Sekjen PUPR Zainal Fatah, Anggota DPD RI Imam Nawardi, dan Jenderal (Purn) Nono Sampono. Mantan bupati se-Madura dan mantan gubernur Jawa Timur juga akan diundang.

Organisasi kemasyarakatan, para kiai, serta ulama diharapkan turut berpartisipasi agar perjuangan ini menjadi perjuangan bersama seluruh elemen masyarakat Madura. Para akademisi juga akan diundang untuk menyampaikan pandangannya tentang pembentukan Provinsi Madura.

Irul menyampaikan bahwa saat ini panitia di AJP sedang mempersiapkan pelaksanaan kegiatan yang direncanakan akan digelar pertengahan Juli. 

“Kami sedang mematangkan persiapan, termasuk berkoordinasi dengan para narasumber,” tukasnya. (Ziyad/Lum)

Check Also

“Wagner Augusto ‘Dida’: Amunisi Baru Madura United dari Liga Portugal

KARIMATA.NET, YOGYAKARTA – Madura United FC kembali mengumumkan rekrutan baru untuk penjaga gawang yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *