Salah Satu Petani Tembakau Saat Berada di Ladang

Petani Tembakau Pamekasan Dapat Bantuan Mesin Perajang

KARIMATA.NET, PAMEKASAN – Pemerintah Kabupaten Pamekasan akan memberikan bantuan mesin perajang tembakau melalui Kelompok Tani (Poktan) pada tahun 2024.

Nolo Garjito, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pamekasan mengutarakan, bantuan alat mesin perajang diberikan untuk mempermudah produksi petani  tembakau yang bergabung dengan poktan dan telah mengajukan proposal sejak tahun 2023 lalu.

“Yang dapat itu ada 13 Poktan yang ada di 13 Kecamatan, akan tetapi bagi poktan yang sudah mendapatkan bantuan pada tahun sebelumnya dipastikan tidak akan tercover pada bantuan tersebut,” ujarnya, Rabu (19/06/2024).

Menurutnya, poktan yang akan menerima bantuan harus yang menanam bibit tembakau Prancak sesuai permintaan dari Pabrikan. Nantinya penerima bantuan untuk poktan telah mengikuti sekolah lapang (SL).

“Anggotanya agar dapat bantuan harus menanam tembakau jenis Prancak itu,” tegasnya.

Ia menyampaikan penyaluran bantuan alat perajang tembakau akan disalurkan sebelum masa panen tembakau tiba.

“Nantinya ada tim penyuluh dari Kecamatan dan Kabupaten yang akan turun langsung, dan bantuan pastinya diberikan sebelum masa panen,” tambahnya.

Nolo menyebut, bagi warga Pamekasan yang ingin mendapatkan bantuan alat perajang tembakau bisa mengajukan proposal yang ditujukan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pamekasan.

“Masyarakat bisa mengajukan tahun sekarang, baru 2025 bisa direalisasikan, tapi itu akan melalui proses panjang dan dilakukan survei terlebih dahulu, sebab setiap kecamatan kita ambil 1 atau 2 Poktan saja,” pungkasnya.

Check Also

Polres Pamekasan Intensifkan Sosialisasi Operasi Patuh Semeru 2024 untuk Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas

KARIMATA.NET, PAMEKASAN – Menjelang pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2024 yang akan dimulai pada Senin, 15 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *