Jelang Hari Raya Idul Fitri , Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Aman

Ekonomi, Nasional1017 Dilihat

KARIMATA.NET, SURABAYA – Menjelang hari Raya Idul Fitri 1445 H, Pertamina memastikan kondisi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquified Petroleum Gas (LPG) dalam kondisi aman. 

Kepastian itu disampaikan di tengah konsumsi masyarakat terhadap BBM dan LPG cukup meningkat saat bulan ramadan hingga hari raya Idul Fitri.

Deny Sukendar, Pejabat sementara Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menyampaikan, bahwa di momen arus mudik dan balik lebaran tahun 2024 memastikan stok BBM dan LPG dalam kondisi aman.

Selain itu, Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus  melakukan serangkaian proyeksi dan kalkulasi terhadap konsumsi BBM pada masa ramadan hingga arus mudik dan balik dibandingkan dengan konsumsi normal pada Januari 2024 di Wilayah Jatimbalinus.

”Misalnya, BBM jenis Gasoline (bensin) terdapat kenaikan konsumsi sebesar 11,8% dari rata – rata  normal harian 18.225 kilo liter per hari, untuk Gasoil (diesel) turun sebesar -14,8% dari rerata normal harian 8.087 kilo liter per hari,” kata Deny kepada Jurnalis Karimata, Selasa (02/04/2024).

Selain itu, sektor domestik rumah tangga diprediksi mengalami kenaikan konsumsi LPG sebesar 5,3% dari konsumsi normal harian 5.920 Metrik Ton per hari. Terdiri dari LPG 3 kg naik sebesar 5% dari konsumsi normal 5.745 Metrik Ton per hari dan LPG Non Subsidi naik 12,6% dari konsumsi normal harian 175 Metrik Ton per hari.

Atas dasar tersebut Pertamina melakukan penebalan stok sampai dengan 5-15% untuk BBM dan LPG di storage yang tersebar di seluruh Jatimbalinus mulai dari tempat penyimpanan hingga lembaga penyalur yang melayani konsumen dengan tetap selektif memperhatikan peningkatan konsumsi harian.

”Kami harap kepada masyarakat, agar selama perjalanan tidak menemui kendala pada mesin kendaraan dapat melakukan pembelian bahan bakar berkualitas seperti Pertamax Series dan Dex Series,” tambahnya.

Kemudian kata Deny untuk mempercepat antrian di SPBU, konsumen bisa menggunakan aplikasi My Pertamina yang sudah bisa diunduh di Appstore dan Playstore.

“Kami menghimbau agar sesama konsumen dapat bekerjasama dengan cara bertransaksi secara non tunai di SPBU dengan menggunakan aplikasi My Pertamina yang dapat diunduh di Appstore dan PlayStore,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *