Polisi Memastikan Video Ulat Bulu Mematikan di Pamekasan Adalah Hoax

Nasional, News1378 Dilihat

KARIMATA.NET PAMEKASAN – Dalam 2 hari terakhir warga Kabupaten Pamekasan dihebohkan dengan beredarnya video berdurasi 14 detik tentang ulat Amerika yang mematikan.

Dalam video tersebut, masyarakat Indonesia diimbau untuk hati-hati. Sebab, 16 jiwa anak dikabarkan tewas setelah memegang ulat berbulu tersebut.

Kompol Andy Purnomo, S.H., M.H., Waka Polres Pamekasan menyatakan, pihaknya sudah mengetahui video ulat Amerika yang informasinya mematikan tersebut bahkan dirinya juga memastikan bahwa ulat tersebut sebenarnya tidak ada di Indonesia.

”Ia meminta masyarakat tetap tenang dan serta tidak gampang percaya pada video yang beredar. Karena jika itu ulat Amerika, tidak mungkin sampai ke Indonesia, apalagi Pamekasan,” paparnya.

Menurut dia, semua jenis ulat bulu mematikan atau tidaknya tergantung pada gradasi atau tingkat alergi pada manusia itu sendiri. Jika memang alergi berat, hendaknya segera diobati ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat.

”Segera diobati ke faskes agar tidak semakin parah dan mengancam keselamatan jiwa,” ujarnya.

Andy Purnomo menerangkan, hal tersebut sudah diungkapkan oleh dokter hewan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Slamet Raharja. Menurut dia, ulat tersebut berjenis ASP dari Amerika Serikat.

”Efek samping dari ulat tersebut tidak fatal. Kecuali, orang yang menyentuh ulat itu memiliki alergi yang sangat parah. Masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab, ulat itu tidak ada di Indonesia,” pungkasnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *