KPU Pamekasan Akan Musnahkan Ratusan Surat Suara Rusak H-1 Pemilu 2024

Nasional, Politik612 Dilihat

KARIMATA.NET, PAMEKASAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan menemukan beberapa surat suara saat rusak proses penyortiran beberapa waktu lalu.

Mohammad Halili Ketua KPU Pamekasan mengatakan pihaknya menemukan sekitar 252 surat suara yang rusak atau cacat produksi di 5 surat suara berbeda untuk Pemilu 2024.

“Surat suara Presiden dan wakil Presiden ditemukan ada 34 lembar yang rusak, surat suara DPR RI ada 91 lembar, surat suara DPD RI 28 lembar, surat suara DPD 28 kembar, surat suara Dapil 1 – 37 lembar, surat suara Dapil 3 – 9 lembar, surat suara Dapil 2 – 9 lembar, surat suara Dapil 4- 6 lembar dan surat suara Dapil 5 – 10 lembar,” ujarnya kepada Jurnalis Karimata, Sabtu (27/01/2024) pagi.

Ia menyampaikan pihaknya sudah melaporkan temuan surat suara yang rusak tersebut ke KPU RI dan pihak penyedia melalui sistem informasi logistik.

“Surat suara itu kita cetak sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada di Pamekasan ditambah 2% surat suara cadangan,” tegasnya.

Sementara pemusnahan kelebihan surat  suara baik yang rusak maupun  yang  melebihi jumlah kebutuhan, maka KPU Pamekasan akan melakukan pemusnahan k surat suara tersebut H  -1 Pencoblosan.

“Sebelum hari pemungutan suara tepatnya di tanggal 13 Februari 2024, KPU akan melakukan pemusnahan dengan disaksikan pihak Polres dan Bawaslu Pamekasan,”jelasnya.

Halili menyebut, kini kebutuhan logistik pemilu sudah dipastikan hampir siap didistribusikan. Rencananya logistik tersebut akan distribusikan dari Gudang Logistik KPU ke masing-masing PPK pada 7 Februari 2024 mendatang.

Pasca pendistribusian ke masing-masing PPK di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan, dilanjutkan proses pendistribusian hingga Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *