Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir, Cek Daftar Daerah Potensial Cuaca Ekstrem Hari Ini

News, Pamekasan, Trending1188 Dilihat

KARIMATA.NET, SIDOARJO – Senin, (22/01/2024) sejumlah wilayah di Jawa Timur dan sekitarnya diprediksi akan mengalami variasi cuaca yang signifikan. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca yang mencakup kondisi pagi, siang-sore, malam dan dini hari.

Pada pagi hari ini, cuaca diperkirakan akan bersifat cerah, berawan dan Beberapa wilayah juga berpotensi mengalami hujan ringan hingga sedang.

Saat siang-sore, cuaca tetap cerah dan berawan. Namun, beberapa wilayah berpotensi mengalami hujan ringan hingga sedang, bahkan hujan lebat disertai petir. Masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem.

Pada malam hari, kondisi cuaca diprediksi tetap serupa dengan siang-sore, yaitu cerah dengan keberadaan awan berawan. Wilayah tertentu juga berpotensi mengalami hujan ringan hingga sedang, termasuk hujan lebat disertai petir.

Dini hari ini, cuaca diperkirakan cerah namun dapat disertai kabut. Selain itu, beberapa wilayah masih berpotensi hujan ringan hingga sedang, bahkan hujan lebat disertai petir.

Rentang suhu udara hari ini diperkirakan antara 15 hingga 35 °C, Kelembaban udara berkisar antara 50 hingga 100%, Angin dominan bertiup dari arah Barat – Barat Daya dengan kecepatan berkisar antara 05 hingga 40 km/jam.

Masyarakat diminta untuk memperhatikan peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrem, terutama pada Siang-Sore hari di wilayah Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, dan Situbondo. Malam hari di wilayah Surabaya, Gresik, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep. Dini hari di wilayah Sumenep.

BMKG mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan mengikuti informasi cuaca terbaru untuk mempersiapkan diri menghadapi kondisi cuaca yang mungkin berubah secara tiba-tiba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *