Antisipasi Banjir, Ratusan Relawan di Pamekasan Akan Gelar Aksi Bersih Sungai 

News, Peristiwa, Team920 Dilihat

KARIMATA.NET, PAMEKASAN – Untuk mengantisipasi banjir di Pamekasan saat musim penghujan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Pamekasan akan menggelar aksi bersih – bersih sungai secara besar-besaran, Minggu (21/01/2024).

Amin Jabir S.T, Pembina FPRB sekaligus Kepala Dinas PUPR Pamekasan mengatakan, kegiatan ini memang sudah direncanakan sejak lama untuk mengantisipasi banjir dan normalisasi sungai, mengingat di saat musim hujan wilayah kota Pamekasan sering terjadi banjir.

“Kami akan melibatkan beberapa organisasi, BPBD, TNI Polri, DLH, Satpol PP, pihak kecamatan, lurah, warga , DPRKP, Mahasiswa, Siswa dan beberapa relawan, dengan jumlah sekitar 500 orang,” ujarnya, Sabtu (20/01/2024) siang.

Ia menyampaikan pihaknya akan terus melakukan aksi bersih-bersih sungai, tidak hanya di musim penghujan akan tetapi meskipun di  musim kemarau akan tetap dilakukan pembersihan dan normalisasi sungai.

“Nanti saat musim kemarau kita akan melakukan aksi untuk mobilisasi alat berat, saat musim hujan kita bersihkan sampah dan pemotongan dahan pohon agar tidak terjadi banjir,” tegasnya.

Amin Jabir berharap kepada warga Pamekasan untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi dibuang ke bantaran sungai, serta mengajak masyarakat memanfaatkan TPS 3R yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Daerah.

“Kami sudah sampaikan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, sebab banjir yang disebabkan bukan karena pembuangan sampah dalam jumlah besar, akan tetapi pembuangan sampah dengan jumlah sedikit yang lama kelamaan menjadi banyak,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *