Penjabat (Pj) Bupati Pamekasan, Masrukin Saat Talk Show di Radio Karimata Beberapa Waktu lalu.

Jelang Akhir Tahun, Pamekasan Percepat Serapan APBD untuk Memaksimalkan Pembangunan

KARIMATA.NET, PAMEKASAN – Pemerintah Kabupaten Pamekasan tengah mempercepat penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024, yang saat ini baru mencapai 70 persen.

Meski tergolong “on progress,” berbagai tantangan dalam penyerapan anggaran menjadi perhatian serius Pemkab Pamekasan.

Penjabat (Pj) Bupati Pamekasan, Masrukin kepada Jurnalis Karimata menegaskan, beberapa pekerjaan yang telah selesai belum terbayarkan, menyebabkan penyerapan anggaran terkesan lambat. Relaksasi anggaran ini merupakan bagian dari strategi Pemkab Pamekasan dalam menjaga stabilitas keuangan daerah.

“Ada serapan anggaran yang terkendala karena relaksasi anggaran yang dilakukan untuk mengurangi defisit APBD di tahun berikutnya,” ujarnya.

Sementara itu, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dihadapkan pada kendala yang berbeda dalam proses penyerapan anggaran. Untuk itu, Pemkab Pamekasan kini menggenjot evaluasi kendala di tiap OPD guna meningkatkan efektivitas penyerapan anggaran menjelang akhir tahun.

“Kami optimis bisa mencapai target minimal 90 persen, bahkan lebih, ia menyebut bahwa pada tahun sebelumnya, serapan APBD Pamekasan mampu menyentuh angka 93 hingga 95 persen,” tambahnya.

Dengan sisa waktu dua bulan hingga penutupan APBD 2024, Masrukin dan jajarannya berkomitmen untuk menyisir dan menyelesaikan kendala-kendala teknis serta administratif agar target serapan anggaran bisa tercapai. Upaya ini tidak hanya bertujuan menjaga akuntabilitas keuangan, tetapi juga memastikan bahwa program-program pembangunan di Pamekasan dapat berjalan sesuai rencana dan memberi manfaat nyata bagi masyarakat.

“Melalui strategi optimalisasi ini, diharapkan Kabupaten Pamekasan mampu menutup tahun 2024 dengan pencapaian serapan anggaran yang maksimal, menjaga ritme pembangunan yang berkelanjutan,” tutupnya. (Ziyad/Mel)

Check Also

Seorang Nenek di Pamekasan Meninggal Dunia Usai Ditabrak Pemotor

KARIMATA.NET, PAMEKASAN – Seorang nenek pejalan kaki warga Blok Gerdu Dusun Keppo, Desa Polagan Galis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *