Anisa Rahmawati, Pranata Komputer Dinas Sosial Kabupaten Pamekasan

Warga Kaya Masuk DTKS, Dinsos Pamekasan Genjot Pembaruan Data Setiap Bulan

KARIMATA.NET, PAMEKASAN – Sejumlah warga di Kabupaten masuk dalam daftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) padahal warga tersebut masuk kategori mampu secara ekonomi.

Baru – baru ini, sempat menjadi perhatian publik ketika nama H. Khairul Umam atau akrab disapa H.Her itu masuk dalam DTKS, padahal pengusaha tembakau itu bukan hanya mampu namun kaya raya.

Atas kasus itu, validasi DTKS dipertanyakan sebab masih banyak warga miskin yang belum masuk dalam DTKS namun disisi lain ada warga mampu yang masuk data DTKS.

Dinas Sosial Kabupaten Pamekasan menyampaikan bahwa pembaruan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) kini dilakukan setiap bulan di masing-masing operator desa/kelurahan.

Upaya ini bertujuan untuk memastikan bahwa data penerima bantuan sosial selalu terbarui dan tepat sasaran.

Anisa Rahmawati, Pranata Komputer Dinas Sosial Kabupaten Pamekasan, menyampaikan bahwa proses pembaruan data saat ini semakin mudah dan melibatkan partisipasi masyarakat secara langsung. 

“Proses updating semakin mudah, sehingga masyarakat bisa mengajukan secara mandiri atau menyanggah jika terdapat warga yang sudah tidak layak mendapatkan bantuan,” kata Anisa saat on air di Radio Karimata, Selasa (03/09/2024) pagi..

Anisa menjelaskan, sebelumnya pembaruan data lebih berfokus pada operator desa, namun kini masyarakat dapat menggunakan aplikasi Cek Bansos dari Kementerian Sosial.

“Dulu mereka fokus pada operator desa, sekarang sudah bisa pakai aplikasi Cek Bansos dari Kementerian Sosial untuk memverifikasi apakah ada warga yang layak maupun tidak layak,” tambahnya.

Aplikasi ini mempermudah masyarakat untuk melakukan pengecekan data dan memberikan umpan balik jika terdapat ketidaksesuaian. Anisa berharap masyarakat bisa lebih aktif dalam memonitor warga di sekitar mereka yang menerima bantuan.

“Kami berharap masyarakat bisa turut serta memonitor jika ada warga yang sudah tidak layak menerima untuk segera dilaporkan,” tutup Anisa. (Ziyad/Suk)

Check Also

Jelang Akhir Tahun, Pamekasan Percepat Serapan APBD untuk Memaksimalkan Pembangunan

KARIMATA.NET, PAMEKASAN – Pemerintah Kabupaten Pamekasan tengah mempercepat penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) …

One comment

  1. Apa nama aplikasinya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *