Malam Pertama Sholat Tarawih, Takmir Mencatat Ratusan Jemmah Padati Masjid Agung Asy-Syuhada

News, Pamekasan904 Dilihat

KARIMATA.NET, PAMEKASAN – Ratusan jemaah memadati Masjid Agung Asy-Syuhada’ di Jalan Mesigit, Kabupaten Pamekasan pada Senin (11/03/2024) malam untuk melaksanakan tarawih pertama di Bulan Ramadan 1445 H.

Dr. KH. Sohibuddin, SH. M.Pd., Ketua Takmir Masjid saat On Air di Dinamika Madura mengatakan, pihaknya mencatat ada sekitar 700 orang jemaah yang ikut salat tarawih di malam pertama Ramadan.

“Meskipun jauh dari kapasitas maksimal masjid yang bisa menampung sampai 4000 jemaah, tapi untuk ukuran salat tarawih, jumlah ini tergolong ramai,” katanya, Selasa (12/03/2024) siang.

Jumlah ini kata Kyai Sohibuddin cenderung stabil jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Terutama saat malam pertama atau awal Ramadan. Jumlah konkrit rata-ratanya baru akan terlihat setelah sepekan.

“Mudah-mudahan, shaf sholatnya semakin mundur, artinya jumlah jemaah yang tarawih semakin banyak,” ucapnya sambil tertawa.

Lebih lanjut kata Sohibuddin, salat tarawih ini berbeda dengan salat Jumat. Selain karena sifatnya sunnah, tarawih juga bisa dilaksanakan di musala kecil bahkan di masing-masing rumah warga.

“Kalau salat subuh tadi lumayan ramai juga, ada sekitar 500 an orang jemaah yang hadir, kalau hari bisa tidak sebanyak itu, artinya semangat masyarakat untuk beribadah tinggi,” lanjutnya.

Selain tarawih berjemaah, Masjid Agung Asy-Syuhada’ juga menyediakan hidangan buka puasa dan sahur hasil sumbangan dari masyarakat, tadarus Al-Qur’an, kuliah subuh, salat malam bersama di 10 malam terakhir Ramadan, hingga menghimpun zakat fitrah untuk disalurkan.

“Masjid juga kita buka lebih awal untuk memfasilitasi jemaah yang mau Salat malam, seperti tahajud, salat hajat, dan lain-lain,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *