Ketua Takmir Masjid Jamik Pamekasan Dukung Pembatasan Pengeras Suara Selama Ramadan 1445 H.

KARIMATA.NET, PAMEKASAN – Kementerian Agama Republik Indonesia telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2024 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah ramadan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1445 Hijriah/2024.

Dalam surat edaran tersebut, dijelaskan mengenai aturan penggunaan pengeras suara di masjid yang mengacu pada Surat Edaran Nomor 5 Tahun 2022 tentang pedoman penggunaan pengeras suara.

Dr. KH. Sohibuddin, SH. M.Pd  Ketua Takmir Masjid, Masjid Agung Asy-syuhada’ Pamekasan mengatakan SE tersebut bukan larangan penggunaan pengeras suara. Namun hanya mengatur volume pengeras suara paling besar 100 dB (desibel).

“Di masjid Agung Pamekasan tadarus menggunakan pengeras suara paling malam hanya sampai jam 22.00 WIB, sebab dia atas jam itu, sudah waktunya orang istirahat, Kami dukung adanya pembatasan pengeras suara itu,” ujarnya kepada Jurnalis Karimata, Sabtu (09/03/2024) pagi.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, hal itu didasarkan agar tercipta kerukunan di lingkungan masyarakat. Pasalnya tidak setiap wilayah semua beragama Islam.

“Saya harap masyarakat Pamekasan bisa menyambut ramadan dengan khusyu’ dan semangat serta saling toleransi dan untuk menjaga kondusifitas Kabupaten Pamekasan, sehingga nuansa ramadan benar-benar terasa khusu’,” tegasnya.

Ia menyampaikan secara umum Masjid Agung Pamekasan telah siap menyambut bulan suci ramadan 1445 H/2024 M, termasuk persiapan shalat tarawih.

“Sudah kita siapkan semuanya, mulai dari imam shalat tarawih dan menu takjil yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” tutupnya.

Check Also

Polres Pamekasan Intensifkan Sosialisasi Operasi Patuh Semeru 2024 untuk Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas

KARIMATA.NET, PAMEKASAN – Menjelang pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2024 yang akan dimulai pada Senin, 15 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *