Prakiraan Cuaca Ekstrem di Wilayah Jawa Timur dan Sekitarnya Hari Ini

Nasional, News701 Dilihat

KARIMATA.NET, SIDOARJO –  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca di Jawa Timur dan sekitarnya dihadapkan pada prakiraan cuaca yang ekstrem pada Minggu, (28/01/2024) dengan kondisi yang dapat berubah secara drastis sepanjang hari.

Pada pagi hari cuaca diperkirakan bervariasi, mulai dari cerah, berawan, berkabut, hingga hujan ringan-sedang dan lebat disertai petir. Wilayah Lamongan, Bojonegoro, Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Bondowoso, Situbondo, dan Sumenep perlu mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat.

Siang hingga sore hari cuaca tetap tidak menentu dengan prediksi cerah, berawan, dan potensi hujan ringan-sedang serta hujan lebat disertai petir. Wilayah Bojonegoro, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Situbondo diingatkan untuk berhati-hati.

Malam hari kondisi cuaca masih tidak menentu dengan kemungkinan cerah, berawan, berkabut, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir. Wilayah Magetan dan Sumenep perlu memperhatikan potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang sesaat.

Sementara, pada dini hari, cuaca diperkirakan serupa dengan malam hari, dengan kemungkinan cerah, berawan, berkabut, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir. Wilayah Gresik dan Sumenep kembali diingatkan untuk mengantisipasi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat.

Parameter Cuaca Umum:

  • Suhu Udara: 13 – 34 °C
  • Kelembaban Udara: 60 – 95 %
  • Arah Angin: Dominan dari Barat – Barat Daya dengan kecepatan 05 – 30 km/jam

Warga di seluruh wilayah dihimbau untuk selalu memantau perkembangan cuaca, menjaga kewaspadaan dan mengikuti arahan dari pihak berwenang setempat. Kondisi cuaca yang tidak menentu dapat membawa potensi dampak yang serius, oleh karena itu, langkah pencegahan dan kesiagaan sangat diperlukan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *