APPTN Soroti Komitmen Tiga Capres-Cawapres Terkait Keberpihakan Ekosistem Tembakau

KARIMATA.NET, PAMEKASAN– Asosiasi Petani dan Pekerja Tembakau Nusantara (APPTN) menggelar diskusi media tentang masa depan tembakau dan industri hasil tembakau pasca Pilpres 2024, Kamis (25/01/2024) di Warung Andayani.

Hadir sebagai narasumber Dr IR Zainal Abidin pemerhati ekosistem tembakau dan Sumakrah Koordinator Nasional APPTN.

Sumakrah, Koordinator Nasional APPTN mempertanyakan komitmen tiga calon presiden dan calon wakil presiden terkait keberpihakan  pada keberlanjutan ekosistem tembakau yang positif khususnya di wilayah Madura.

“Kami menilai ketiga capres cawapres masih belum sepenuhnya menyampaikan pemikiran terhadap masa depan industri hasil tembakau (IHT),” ujarnya Kamis (25/01/2024).

Dikatakan Sumakrah, tiga calon capres terkesan kurang peduli terhadap kepentingan masa depan industri tembakau. Sebab sampai saat ini tidak ada pernyataan tegas dari tiga capres terkait dengan nasib tembakau.

“Apalagi, selama ini ekosistem tembakau hanya dijadikan sebagai komoditas kampanye politik,” ungkapnya.

Ia menambahkan, momentum masa  kampanye  pada pemilihan presiden menjadi waktu yang tepat bagi ketiga capres untuk menyampaikan gagasan terkait dengan masa depan tembakau.

Sementara, Dr Ir Zainal Abidin menyebut, harus ada peran dari berbagai pihak seperti asosiasi tembakau, kelompok tani untuk memperkuat kemitraan agar ekosistem tembakau tetap terjaga.

“Selain itu harus ada edukasi kepada petani agar petani tembakau semakin baik”, paparnya.

Check Also

Madura United Kehilangan Benteng Pertahanan: Guntur Ariyadi dan Alex Vandjin Hengkang

KARIMATA.NET, PAMEKASAN – Dua pemain belakang andalan Laskar Sape Kerrab, Guntur Ariyadi dan Alex Vandjin, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *