Kasus Polio Ditemukan di Pamekasan, Dinkes Gerak Cepat Lakukan Imunisasi Massal

Kesehatan, Nasional846 Dilihat

KARIMATA.NET, PAMEKASAN – Marak virus Polio melanda anak-anak di Indonesia, Dinkes Pamekasan gerak cepat untuk melakukan imunisasi.

Sri Agustini, S.Kep Sub Koordinator Surveilans dan Imunisasi (Survim) Dinkes Pamekasan mengatakan, Dinkes Pamekasan menemukan 1 kasus Polio di salah satu rumah sakit pada 4 Desember 2023 lalu.

“Akhirnya kita ambil sample ternyata positif Polio dan kami tindak lanjuti, sebab Polio bahaya dan mudah menyebar,” ujarnya, Sabtu (13/01/2024) siang.

Ia menambahkan, setelah ditemukan adanya kasus Dinkes Pamekasan langsung mengambil sampel 30 anak dibawah 5 tahun di lokasi yang ditemukan kasus tersebut.

“Sampai saat ini sample itu belum ada hasil, mudah-mudahan tidak positif,” tambahnya.

Tin Sapaan akrabnya meminta kepada orang tua untuk menjaga kesehatan, kebutuhan gizi dan nutrisi pada anak dan pemberian Imunisasi tetes manis Polio.

“Insya Allah Imunisasi massal Polio akan dilaksanakan pada Senin (15/1/2024) dengan sasaran 7 tahun 11 bulan,” tegasnya.

Dirinya menyebutkan, penyebab utama munculnya Polio adalah kondisi tubuh yang menurun dan tidak pernah di imunisasi.

“Meskipun anak kita sudah di imunisasi tidak menjamin tidak terpapar polio, namun tergantung kekebalan tubuh juga. Akan tetapi anak yang sudah Imunisasi tidak akan parah seperti anak yang belum imunisasi sama sekali,” tutupnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *