Ilustrasi Perbaikan Jalan

Jalan Mesigit Pamekasan Diperluas, PUPR Siapkan Anggaran 2,1 Milyar

KARIMATA.NET, PAMEKASAN – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Pamekasan menyampaikan pada tanggal  1 Juli – 25 Oktober 2024 mendatang, Jalan Masigit Pamekasan akan dilebarkan.

Amin Jabir, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)  Pamekasan mengatakan pelebaran jalan di Jl. Mesigit sudah diinisiasi sejak tahun 2023 lalu, dan sudah dilakukan sosialisasi bersama stakeholder terkait pada Januari 2024.

“Pengerjaannya sekitar 120 hari kalender, insya allah kalau tidak ada hambatan waktu ini sangat mencukupi,” ujarnya saat mengudara di Radio Karimata, Selasa (02/07/2024) siang.

Menurutnya, pelebaran jalan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jalan serta mengurangi kemacetan yang sering terjadi di area tersebut, serta Jl. Mesigit masih masuk dalam Jalan Kabupaten.

“Pelebaran jalan Mesigit merupakan bagian dari upaya pemerintah Kabupaten untuk memperbaiki infrastruktur jalan yang penting bagi mobilitas masyarakat, di Arek Lancor itu ada 3 poros jalan yang diluar kewenangan Pemerintah Kabupaten,” tegasnya.

Ia menyampaikan bahwa pelebaran Jalan di Jl. Mesigit sekitar 4,8 meter untuk memenuhi syarat untuk pertukaran dari Jl. Kabupaten ke Jl. Nasional sesuai Peraturan Menteri PU nomor 5 tahun 2023.

“Jl. Panglima Sudirman dan Jl. Slamet Riyadi itu sudah 12 Meter, sedangkan di Jl. Mesigit itu masih 7 meteran, sehingga berdasarkan peraturan PU di lingkar arek lancor jalan itu lebarnya harus sama yaitu 12 miter,” tambahnya.

Amin Jabir memastikan  bahwa jalur di sekitar Jl. Mesigit tidak akan terganggu selama pelaksanaan pelebaran jalan di kawasan Jl. Mesigit.

“Kami pastikan akses ke Masjid, Apotek, pertokoan, Perbankan dan lainnya tidak terganggu, sebab yang kami tutup pas di Jl. Mesigitnya, Cuma nanti ada pengaturan lalu lintas untuk tidak melintas di Mesigitnya,” katanya.

Anggaran yang disiapkan 2,1 Milyar dengan panjang penanganan 1,55 Meter dengan beberapa jenis penanganan salah satunya pemasangan box culvert untuk saluran air, pembongkaran dan pemasangan pagar, trotoar dan beberapa fasilitas lainnya. (Ziyad/Lum)

Check Also

“Wagner Augusto ‘Dida’: Amunisi Baru Madura United dari Liga Portugal

KARIMATA.NET, YOGYAKARTA – Madura United FC kembali mengumumkan rekrutan baru untuk penjaga gawang yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *