Merayakan Hari Penerbangan Nasional: Simbol Kebangkitan dan Kemerdekaan Bangsa di Angkasa

KARIMATA.NET, PAMEKASAN – Hari ini minggu, (27/10/2024) Indonesia merayakan Hari Penerbangan Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober.

Tanggal ini memiliki makna historis yang mendalam, menandai penerbangan pertama kali yang dilakukan di tanah air setelah proklamasi kemerdekaan pada tahun 1945.

Awalnya, Hari Penerbangan Nasional diperingati setiap 9 April. Namun, pada tahun 1974, penetapan tanggal tersebut diubah. Banyak ahli berpendapat bahwa tidak ada peristiwa penting yang mendasari tanggal 9 April dalam sejarah penerbangan Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah memutuskan untuk mengubahnya ke tanggal 27 Oktober, sebuah tanggal yang lebih relevan dan bersejarah.

Mengutip laman Kementerian Keuangan, penetapan tanggal tersebut berakar dari peristiwa sejarah penting dalam penerbangan Indonesia pasca kemerdekaan.

Pada tanggal 27 Oktober 1945, sebuah pesawat yang bersimbol bendera merah putih terbang di langit Indonesia, menjadi simbol kebangkitan dan kemerdekaan bangsa setelah berjuang melawan penjajahan.

Penerbangan pesawat bersejarah tersebut dilakukan oleh Komodor Udara Agustinus Adisutjipto. Dia kemudian dikenang sebagai Bapak Penerbangan Indonesia.

Dengan semangat Hari Penerbangan Nasional, mari kita dukung kemajuan penerbangan Indonesia, serta menghargai jasa para perintis yang telah berjuang untuk mewujudkan impian bangsa di angkasa. Selamat Hari Penerbangan Nasional! (Ainul)

Check Also

Perkiraan Cuaca Wilayah Jawa Timur dan Sekitarnya Hari Ini, 27 Oktober 2024

KARIMATA.NET, SURABAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan wilayah jawa timur akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *